Rabu, 17 Februari 2016

Cileungsi Bogor Waspadai Eksodus Pekerja Seks Kalijodo

Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten Bogor berencana akan melakukan patroli dan razia di Parung, Limusnunggal (Cileungsi) , Cisarua-Puncak, beberapa pekan ke depan. Hal tersebut dilakukan guna mencegah kedatangan (eksodus) para pekerja seks komersial dalam rencana penutupan kawasan prostitusi di Kalijodo, Jakarta Utara.



Hal tersebut dikatakan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, Luthfi Syam, Rabu (17/2). Ia menjelaskan bahwa beberapa bulan ke depan, Satpol PP akan melakukan patroli dan razia di beberapa wilayah zona merah prostitusi di Bogor.

"Zona yang kami lakukan razia dan patroli di Parung, Limusnunggal (Cileungsi), dan Cisarua-Puncak. Hal tersebut untuk mencegah eksodus pekerja seks rencana penutupan wilayah prostiusi di Kalijodo, Jakarta," katanya.
Menurut Luthfi, pemantauan di lokasi tersebut akan dilakukan seminggu dua kali dengan mengerahkan 60 personel Pol PP untuk memeriksa data kependudukan serta tes kesehatan. "Kami akan memeriksa identitas kependudukan bagi pendatang yang mengontrak/sewa serta tes kesehatan di wilayah tersebut," paparnya.
Luthfi juga meyakinkan bahwa tiga wilayah, Limusnunggal (Cileungsi), Parung dan Cisarua-Puncak terbebas dari usaha legal prostitusi. Namun demikian, ia tidak menampik masih adanya pekerja seks yang beroperasi secara sembunyi-sembunyi.
Dia menegaskan, di wilayah Kabupaten Bogor tidak ada lokasi lokalisasi prostitusi. Artinya, dengan demikian, kata Luthfi, jika terdapat kawasan yang menggelar aktivitas prostitusi dipastikan ilegal. Penindakan pun akan dilakukan mulai dari razia hingga pembongkaran bangunan seperti yang dilakukan Satpol PP beberapa tahun yang lalu.
Pada bulan Februari 2014 lalu, Pemkab Bogor membongkar puluhan bangunan permanen dan semi permanen di lokalisasi, Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Menurut Luthfi tempat prostitusi ilegal tersebut bisa menampung sekitar ratusan pekerja seks.
Vento Saudale/JAS
BeritaSatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar